LAPORAN EVALUASI CUCI TANGAN MASAL DI TK YAYASAN RAHMAT INDAH JAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN 2014

I. PERSIAPAN ACARA
       Tiga hari sebelum acara di mulai (H-3) seluruh mahasiswa STIKES yang praktek melakukan persiapan dengan membagi tugas antara lain: dua orang  mahasiswa bertugas Ke TK Yayasan Rahmat Indah Jaya Kec. Natar Kabupaten Lampung selatan untuk menemui kepala sekolah dalam rangka memohon izin untuk mengadakan cuci tangan masal yang akan diadakan pada tanggal 16 Juni 2014 yang bertempat di TK Yayasan Rahmat Indah Jaya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Sementara mahasiswa yang lain bertugas untuk menyiapkan tempat untuk cuci tangan masal didalam ruang belajar siswa yang disepakati untuk acara cuci tangan. Penyaji materi sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing dalam pengorganisasian kesepakatan dalam kelompok adalah bahwa setiap anggota akan saling membantu, bahu-membahu dalam melakukan semua persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut sehingga pertemuan dapat berjalan dengan lancar.

II. PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Tujuan
1. Tujuan Umum
Setelah dilakukan cuci tangan masal diharapkan semua siswa/siswi yang ada di TK Yayasan Rahmat Indah Jaya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan mengerti tentang cara cuci tangan yang baik dan benar serta fungsi dari cuci tangan tersebut.
2. Tujuan Khusus
Setelah dilakukan implementasi keperawatan ( cuci tangan masal ) selama ± 60 menit diharapkan siswa/siswi :
1. Meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya cuci tangan
2. Memberi motivasi kepada semua siswa/siswi agar selalu mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas (kegiatan)

B. Pelaksanaan
Acara dimulai pada waktu 09.00 WIB Dengan susunan acara sebagai berikut:
1. Pembukaan
Pembukaan dilakukan oleh pembawa acara yaitu saudara Gala Mutianto, S.kep serta menjelaskan susunan acara.
2. Demonstrator
Demonstrator dipimpin oleh A, S.kep dan E, S.kep dan diikiuti oleh semua siswa/siswi
3. Penutup
4. Pertemuan dihadiri ± 19 siswa/siswi dan 12 Mahasiswa 3 dewan guru.

III. KRITERIA EVALUASI
A. Evaluasi Struktur
Pelaksanaan cuci tangan masal dibantu dengan menggunakan kran,sabun mandi dan lap tangan yang kering. Pada terakhir ada pengarahan dari mahasiswa, dalam acara cuci tangan masal semua siswa/siswi terlihat antusias dalam mempraktekan cara cuci tangan yang benar serta kooperatif.
B. Evaluasi Proses
Persiapan acara dimulai 3 hari sebelum pelaksanaan cuci tangan masal dimulai, yaitu hari Senin tanggal 16 Juni 2014. Tempat pelaksanaan cuci tangan masal yaitu di TK Yayasan Rahmat Indah Jaya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung.

Dalam pelaksanaan kegiatan mahasiswa melaksanakan tugas sesuai dengan perannya masing-masing. Pembawa acara dengan jalannya rapih memandu acara cuci tangan masal. Fasilitator menyebar disela-sela siswa/siswi dan dapat memberikan pengarahan untuk tertib pada saat cuci tangan masal dimulai, acara berjalan sesuai dengan rencana.
C. Hasil Evaluasi
Jumlah siswa/siswi yang hadir yaitu 19 orang. Dalam acara cuci tangan masal semua siswa/siswi terlihat antusias dan kooperatif dalam mempraktekan cara 8 langkah cuci tangan yang benar.



IV. FAKTOR PENDUKUNG
1. Semua siswa/siswi yang hadir sangat mendukung kegiatan mahasiswa yang telah dilaksanakan di TK Yayasan Rahmat Indah Jaya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan dan mereka sangat kooperatif.
2. Cuci tangan masal dilakukan di TK Yayasan Rahmat Indah Jaya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan dan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan
3. Kelompok 1 dan pihak sekolah dapat bekerja sama dengan baik, hal ini dapat ditunjukan dari tanggung jawab anggota kelompok dalam menjalankan tugas yang telah ditetapkan sebelum acara dimulai.

V. FAKTOR PENGHAMBAT
Dalam kegiatan cuci tangan masal yang diadakan di TK Yayasan Rahmat Indah Jaya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan tidak mengalami hambatan apapun semuanya berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

VI. KESIMPULAN
Mahasiswa dan pembimbing merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan karena sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan siswa yang hadir mencapai 95%. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari pengalaman ini, yaitu bagaimana mahasiswa menghadapi siswa/siswi serta tindakan yang harus dilakukan secara kelompok. Kerjasama antara Dewan guru dan siswa merupakan faktor penting untuk mendukung kesuksesan acara, dimana dengan kerjasama yang baik akan memudahkan terselenggaranya pertemuan-pertemuan berikutnya.



Tertanda Observer



P,S.kep



DOKUMENTASI PHBS (CUCI TANGAN) TK YAYASAN RAHMAT INDAH JAYA
NATAR

Comments

Popular Posts